makalah filsafat islam

PENDAHULUAN

Sebagai sebuah system peradaban, islam di yakini dari, oleh dan untuk masyarakat yang berperadaban itu sendiri. Sehingga ketika di pertanyakan apa konsep islam tentang pendidika, maka islam sendiri adalah sebuah nilai yang bermuatan educationship.
Dunia pendidikan di indonesia khususnya, dan dunia islam pada umumnya masih di hadapkan pada persoalan, mulai dari rumusan, tujuan pendidikan yang kurang sejalan dengan tuntutan masyarakat, sampai kepada persoalan guru, metode, kurikulum dan lain sebagainya.
Di kalngan para ahli masih terdapat perpedaan mengenai pemakaian istilah tujuan , hasan langgulung misalnya mengatakan bahwa istilah tujuan itu sendiri banyak di campur baurkan pengguanaannya dengan istilah maksud. Kadang-kadang tampak berbeda, dan kadang- kadang tampak serupa . namun demikian, pada akhirnya ia menganggap bahwa kedua istilah itu mempunyai arti yang sama.
Pendidikan islam dengan pendidikan nasional merupaka sebuah system pendidikan yang sangat baik. Karena di dalam pendidikan islam maupun pendidikan nasional terdapat beberapa metode yang berkaitan dengan masalah dunia pendidikan. Apabilah seseorang dengan baik melakukan metode-metode tersebut maka orang tersebut akan menjadi orang yang beguna bagi agama dan bangsa.
Membahas masalah konsepsi pendidikan islam dalam rangkah pendidikan nasional, harus dimulai dari konsep manusia secara integral dan utuh. Ketepatan mengkaji dan merumuskan masalah ini akn memerlukan landasan yang kuat dan tetap untuk mebahas masalah filsafat, dasar dan tujuan pendidikan, yang selanjutnya di jadikan pangkal tolak dalam menyatukan dan mengkaitkan hubungan, sebagai bagian integral dari mata rantai dalam kesatuan system pendidikan nasional.

PEMBAHASAN
Filsafat pendidikan islam dan posisinya dalam system pendidikan nasional

1. pengerian filsafat pendidikan islam
secara harfiah, filsafat berasal dari kata philo yang berate cinta , dan kata shopos yang berarti hikma berarti yang di maksud filsafat adalah cinta terhadap ilmu dan hikmah. Filsafat adlah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sunggu tentang hakekat kebenaran sesuatu. Hakekat filsafat selaluh menggunakan rasio. Tetapi tidak semua proses berpikir di sebut fisafat.
Arti pendidikan itu di bagi 3 macam yaitu dalam arti luas, sempit dan arti luas terbatas .
a. arti luas adalah pengalaman belajar
b. arti sempit adalah sekolah dan persekolahan (schooling)
c. arti luas tebatas adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik melelui kegiatan belajar mengajar ,bimbingan, atau latihan bag perannya di masa yang akn dating
islam secara bahasa berasal dari kata salima yang mempunyai arti selamat dan sentosa dengan demikian kata islam dari segi bahas adalah isim masdar yang berarti berserah diri, selamat sentosa, atau memelihara diri dalam keadaan selamat.
Sedangkan filsafat pendidikan islam dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan dari system dan aliran filsafat dalam islam terdapat masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan manusia muslim dan umat islam.
2.posisi pendidikan islam dalam pendidikan nasional
Pendidikan islam adalah kegiatan yang di laksanakan secarah terencana dan sistematis untuk mengembangkan potensi anak didik berdasarkan pada kaidah-kaidah agam islam.
Pendidikan nasional menurut sisdiknas adalah pendidikan yang berdasarkan pancasilah dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
Posisi pendidikan islam terhadap pendidikan nasional sangat erat sekali sehingga terkenal dengan adanya konsepdalam system pendidikan nasional.
Konsepsi pendidikan harus di letakkan dalam kontak social cultural bangsa indonesia yaitu agar dalam penerapannya di lakukan secara luwes dan serasih dalam kerangka pendidikan.
Hal ini secara pastidapat di laksanakan karena ajaran islam dan pandangan hidup bangsa, antar ajaran islam tentang pendidikan dengan penidikan berdasrkan pancasilah dan UUD1945 bukan hanya tidak bertentangan, tetapi bahkan ada kesamaan dan kesesuaian, saling isi mengisidan subur menyuburkan.
Penerapan pendidikan islam dengan peningkatan iman dan ketagwaan terhadap tuhan yang maha esa yang berachlak mulia adalah manifestasi dari keimana yang di yakininya,. Oleh karena itu, keimana dan ketagwaan yang menyatuh pada diri pada diri seseorang akan menghindarkan dari perbuatan –perbuatan yang bersifat merusak, fiyna yang membahayakan masyarakat dan sangat berbahaya bagi kesatuan dan persatuan masa depan bangsa.
Menerapkan konsepsi pendidikan yang berusah mengembangkan kepentingan dunia dan akhirat, adalah pendidikan yang mementingkan pribadi, achlak, budi pekertiluhur serta amal soleh dengan menguasai ilmu pengethuan dan tehnologi yang fungsional bagi pembangunan bangsa dan Negara repuplik indonesia.
Dalam hubungan itu,pendidikan nasional pada satu sisi di harapkan agar pendidikan islamdalam perkembangannya di kembangakandalam kerangkah pembentukan kepribadian sebagi muslim yang taat menjalangkan agamanya sebagai kholifah allah.sehingga prigram pendidikan islamsecara khusus adalahdalam rangka program kurekuler yang di wajibaka bagi setiap pesrta didik di setiap sekolah pada sisi lian di hadapkan pilihan untuk menjadikan pendidikan islam sebagai lembaga pendidikanyang akan menjadikan ahli agama dan spesialisasi agam, yaituh sebagai lembaga pendidikan islam yang memperdalam ilmu-ilmu keislaman sebagai program pokoknya.
Dalam kenyataan yang di hadapi oleh masyarakat , terdapat dua polarisasi pada nila-nilai islam yang populis dan yang lainnya berorientasi pada nilai-nilai kebudayaan barat yang sekuler dan elitis. Secara konseptual hal tersebut hanya dapat di akhiri dengan jalan menerapkan pendidikan islam dalam rangka system pendidikan nasional..

DAFTAR PUSTAKA
o ihsan, hambalidan a fuad ihsan, filsafat pendidikan islam,bandung:pustaka setia, 2007
o maksum,alidan luluk yunan ruhendi, peradikma pendidikan universal,yogyakarta:ircisod,2004
o mudhayrdjo,redja, filsafat pendidikan islam, bandung:pt rosda karya,2006
o mudhayrdjo,redja, filsafat pendidikan islam ,jakrtagaya media pratama,2005
o Sholeh, Abdurrahman , madrasah dan pendidikan anak bangsa, jakarta: pt rajda gravindopersada,2004
o Zuharini , filsafat pendidikan islam, jakrta:bumi aksara,1994

MAKALAH
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
POSISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Dosen Pembina
Asyari mukhtar M.fil

Oleh
Ach mukhsin al-fiyah
Ahdiyatun masy

Semester v(lima)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AHLUSSUNNAH WALJAMAAH(STIA ASWAJAH)
AMBUNTEN SUMENEP

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

%d blogger menyukai ini: