laporan tugas PPL………………………………..!

KATA PENGANTAR

Laporan ini merupakan sebuah tugas bagi kami yang wajib di buat yaitu di gunakan sebagai bukti bahwa kami memang benar-benar melaksanakan PPL 2 di Mts istikmalunnajah yang di mulai pada tanggal 01 November sampai dengan 08 Desember tahun 2010 M..
Di dalam laporan ini mengupas sedikit tentang keadaan dan situasi yang ada di Mts istikmalunnajah mulai dari dari pertama kali sekolah Mts istikmalunnajah di bangun bahkan sampai kepada masalah sarana prasarana yang ada di sekolah Mts istikmalunnajah. Dan di laporan ini juga terdapat penelitian stady kasus yang di gunakan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi pada seorang anak didik.
Pada, kesempatan in kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada kepalah sekolah Mts istikmalunnajah yang telah memberi tempat pada kami untu melaksanakan PPL 2, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap dewan guru khususnya kepada guru pamong yang selaluh memberikan Motivasi kepada kami, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada DPL yang telah memberikan bimbingan kepada kami sehingga kami dapat melaksanakan PPL dengan baik, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap siswa yang ada di sekolah Mts Istikmalunnajah yang telah antusias di dalam mengikuti mata pelajaran yang di pegang oleha kami, dan kami juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua kami yang telah memberikan Motivasi kepada kami baik dalam hal moral maupun dalam hal materi.

Ambunten, 05, Desember, 2010 M
Kami

Pengesahan

Setelah membaca meneliti serta telah diadakan pembetulan seperlunya maka saya berpendapat bahwa penyusunan laporan tentang diskripsi umum di Mts Istikmalunnajah “ oleh :

Nama : Ach. Mukhsin Alfiyah
Nim/Nimko : B.200736010456 / 2007.4.036.0001.1.03087
Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul : Diskripsi umum tentang Mts Istikmalunnajah

Di mana yang bersangkutan sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman Annuqyah (STIKA) Guluk-guluk, program studi pendidikan Agama Islam (PAI) maka dengan ini saya menyatakan dapat menyetujui/terhadap kebenaran isi laporan.
Demikian untuk menjadikan maklum adanya.

Disahkan di : Mts. Istikmalunnajah
Pada Tanggal :………………..
Kepala Mts. Istikmalunnajah

AH. YUNID SUHARYO

DAFTAR ISI
1. Halaman Judul i
2. Halaman Pengesahan ii
3 Kata Pengantar iii
4 Daftar Isi iv
5 BAB I PENDAHULUAN 1
6. a. Latar belakang 1
7. b. Penutup 3
8. Lampiran –Lampiran………………………………………………….4

LAPORAN

Deskripsi Umum
Di MTS Istikmalunnajah Pasongsongan Sumenep

Disusun dalam Rangka Melengkapi Tugas Akademik Materi Praktek Mengajar / PPL Bagi Mahasiswa STAI Aswajah Ambunten Tahun Akademik 2010-2011

O
L
E
H

ACH.MUKHSIN ALFIYAH
Nimko. 2007.4.036.0001.1.03087

Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman Annuqayah
Kampus STAI Aswaj
Ambunten Sumenep Madura
Tahun 2010

BAB I
DESKRIPSI UMUM
A. Latar Belakang
Pada tanggal 01 November kami beserta teman-teman melaksanakan PPL 2 di salahsatu pendidikan berbasis agama yang berada di Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif yaitu MTs. Istikmalunnajah karena untuk memenuhi tugas dari sekolah yang dikenal dengan istilah Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus di laksanakan oleh seluruh maha siswa.
MTs. Istikmalunnajah ini terletak diperkotaan yang ada di Desa Pasongsongan dan pada saat sekarang ini dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah yang bernama Ah. Yunit Suharyo. Madrasah ini didirikan sekitar tahun 1988 yang mendirikan adalah KH. Mukammal dan sampai saat ini tetap berjalan dengan lancar meskipun banyak hambatan atau rintangan yang selalu menghadangnya.
Gedung MTs. Istikmalunnajah besarnya sekitar kurang lebih 35 X 20 m yang terbagi menjadi 8 ruang diantaranya yaitu 6 ruang digunakan untuk kelas VII sampai kelas IX, 1 ruang digunakan untuk kantor dan 1 ruang yang terakhir digunakan untuk perpustakaan.
Siswa MTs. Istikmalunnajah pada tahun pelajaran 2010-2011 berjumlah 187 orang,. kelas VII berjumlah…64… siswa, kelas VIII berjumlah…62… siswa, dan kelas IX berjumlah…61… siswa. Guru yang ada di MTs. Istikmalunnajah berjumlah sekitar 34 orang meliputi GTY berjumlah 29 orang, PTY berjumlah 4 orang dan 1 orang lagi dari Depag. Dan mayoritas guru yang ada di MTs. Istikmalunnajah berasal dari Desa Pasongsongan sendiri dan sebagian kecil berasal dari luar Desa Pasongsongan, kalau di prosentase maka 95 % berasal dari Desa Pasongsongan sedangkan 5 % nya berasal dari luar Desa Pasongsongan.
Mayoritas siswa yang sekolah Di MTs. Istikmalunnajah rumahnya dekat, kalau di prosentasekan maka 60 % untuk siswa yang rumahnya dekat dan 40 % untuk siswa yang rumahnya jauh.
Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh MTs. Istikmalunnajah cukup baik diantaranya yaitu bangku peserta untuk anak didik berjumlah 161, meja guru berjumlah 3, kursi guru berjumlah 10, meja computer ada1, lemari ada 3, meja panjang ada 2, kursi tamu ada 4, meja kaca ada 2, mesin tik ada 2, amplifez ada 1, stano mix ada 1, etalase ada 1, piano ada1, mesin jahit ada 2, computer ada 1, printer ada 2, screen filter ada 1, televise ada 2, bola volley ada 2, sepakbola ada 4, tape recorder ada 1, CD Player ada 1, dan kipas angina ada 4.
MTs. Istikmalunnajah memiliki visi, misi, dan tujuan artinya MTs. Istikmalunnajah di bangun bukan sembarang dibangun akan tetapi MTs. Istikmalunnajah dibangun Karena mempunyai visi, misi, dan tujuan yang baik sehingga MTs. Istikmalunnajah cepat diterima dengan baik oleh masyarakat diantara visi, misi, dan tujuan MTs. Istikmalunnajah adalah sebagai berikut:
1 Visi
Meningkatkan iman dan taqwa dengan faham ahlussunnah waljamaahserta meningkatkan manusia yang tangguh dalam imtaq dan iptek
2 Misi
a. Meningkatkan kwalitas pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi
b. Meningkatkan disiplin, kemandirian dan taanggung jawab anak didik sebagai manusia individu dan social
c. Meningkatkan penbinaan social dan achlaqul karimah
MTs. Istikmalunnajah sudah dianggap sebagai sekolah yang baik oleh masyarakat karena MTs. Istikmalunnajah oleh masyarakat dianggap sebagai sekolah yang sudah bisa bersaing dengan sekolah lainnya yang sederajat baik dalam hal keilmuan maupun pembangunan.
Mts. Istikmalunnajah memiliki sebuah perpustakaan yang sudah bisa dikatakan baik, buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut di peroleh dari atasan dan hasil usaha sekolah secara mandiri, perpustakaan ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang ada di sekolah tersebut, buku yang ada di perpustakaan MTs. Istikmalunnajah yang sudah bisa dikatakan cukup baik adalah diantaranya yaitu literatur pokok{ terbatas pada buku paket}, literatur tambahan, pengetahuan umum, buku-buku agama dan majalah {kurang lengkap}, siswa tidak dikenakakn biaya ketika ingin meminjam buku yang ada diperpustakaan dan buku tersebut boleh dibawa pulang.
Kami sempat berbincang-bincang dengan kepala MTs. Istikmalunnajah tentang minat baca dan kecenderungan siswa menggunakan perpustakaan sekolah, Beliau menjawab bahwa siswa di sini sudah bisa dikatakan cukup baik di dalam menggunakan perpustakaan sekolah.
B. Penutup
MTs. Istikmalunnajah merupakan salahsatu pendidikan yang berbasis agama yang ada di Desa Pasongsongan dimana sekolah ini berdiri pada tahun 1988, yang mendirikan adalah KH. Mukammal. Sekolah ini memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas sehingga MTs. Istikmalunnajah tetap berjalan dengan lancer mulai sejak dibangun sampai sekarang meskipun banyak halangan/rintangan yang selalu menghadang dan juga karena adanya dukungan dari masyarakat yang ada di sekitar sekolah.
Kami oleh pihak Perguruan Tinggi guna untuk melaksanakan Tri Darma ternyata kami diletakkan di MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan Sumenep. Dimulai pada tanggal 01 November sampai pada tanggal 08 Desember 2010.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

%d blogger menyukai ini: