penelitian tentang tindakan kelas

MAKALAH

PENELITIAN

AKTIFITAS-AKTIFITAS SISWA KELAS V MINU

Dosen Pembmbing:
Bambang Sutikto SH. M.Pd.
Dengan Di Sampaikan

Oleh: ACH MUHSIN ALFIYAH

Semester : VI (enam)

SEKOLAH TINGGI ISLAM AHLUSSUNNAH WALJAMAAH
(STIAS)
AMBUNTEN-SUMENEP
2009

KATA PENGARTAR

الحمد لله رب العالمين, ألصّلاة والسّلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيّدنا محمد وعلي أله وصحبه أجمعين.
Di dalam makalah penelitian ini kmi mengupas tentang aktifitas- aktifitas siswa di Dalam sekolah mulai dari aktifitas Masuk, belajar, bergaui, dan berkomonikasi dengan guru.
Kami penulis makalah penelitian mempunyai sebuah tujuan , yaitu hanya untuk memenui tugas mata kuliah “BIMBINGAN PENYULUHAN’ yang di bimbing oleh”BAMBANG SUTIKTO, SH. M.Pd.” dan kami ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan motifasi kepada untuk melakukan penelitian tentang aktifitas siswa meskipun pertama kali kami bingung mau meneliti dimana ? dengan adanya dukungan tersebut maka kami merasa tidak bigung lagi. Terutama kepada dosen kami yng telah membimbing kami dalam melakukan penelitian dan kepada BAPAK ABD. HARIS, S.Pd. yang telah membantu kami dalam melakukan penelitian di kelas V MINU.
Namun demikian sebuah kesadaran kritik menyadari bahwa tidak ada karya yang sempurna, oleh karena itu kritk dan saran sangat di harapkan demi kesempurnaan karya ini. Mudah- mudahan apa yang ada di makalah ini bisa membuat semua orang tahu terhadap aktifitas – aktifitas yang ada di sekolah lhususnya di kelas V MINU

Ambunten,16 Juni 2009
PENULIS

DAFTAR ISI

1. Kata pengantar …………………………………………………………………………………. I
2. Daftar Isi ……………………………………………………………………………………… II
3. Aktivitas Siswa (A Sampai D) ………………………………………………………….……… 1
4. Tabel Perkegiatan ……………………………………………………………………………… 1
5. Masalah Dan Solusi Perkegitan ………………………………………………..…………….… 1
6. Gambar Histogram Permasalahan ……………………………………………………………… 2
7. Kesimpulan Dari Masing- Masing Permasalahan ……………………………………………… 4

1) AKTIVITAS SISWA
Siswa dalam sekolah tidak akan lepas dari hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang ada di sekolah seperti halnya aktivitas masuk , belajar, bergaul, dan berkomonikasi dengan guruh.
Kadang kala aktivitas tersebut akan berjalan dengan baik kalaudi dukung dengan tiga faktor yaitu
a. Orang tua
b. Teman
c. Guruh
Di dalam makalah ini kami mencoba mengunkapkan permasalahan- permasalahan yang terjadi di sekolah MINU kelas V dalam hal ini kami melakukan intervio dengan wali kelasnya yaitu Bapak ABD HARIS S.PD
Kalau ingin mengetahui lebih jelas mengenai permasalahan –permasalahan yang terjadi di kelas V MINU maka lihatlah tabel- tabel atau histogram dalam pembahasn selanjutnya.
2) TABEL PERKEGIATAN

FORMAT A FORMAT B FORMAT C FORMAT D
NO NAMA ST STM RJN PA PSF SBS TPT MNR EGO BSP KSP KS
1 FAWAID    
2 MUFIANTO    
3 A RAHMAN    
4 K ANWAR    
5 L MUNAWWARO    
6 L KAMAL    
7 M SYAKIR    
8 SHOLEHAH    
9 S HASANA    
10 A ZAIRONI    
11 ZULFATUR RT    

3) MASALAH DAN SOLUSI PERKEGIATAN
MASALAH NO/NAMA SOLUSI
Sering terlambat 1 dan 5 Menghukum (diberdirikan di depan kelas)
Sering tidak masuk 2 Peringatan kalau terlalu sering dipanggil orang tuanya
Pasif 4,5,7,10 Diberikan motivasi ke arah yang lebih baik
Bicara sendiri 1,2,3,8
Menegur kalau masih bicara sendiri diberi hukuman
Kurang sopan 1,2,5,8 Diberi pengetahuan bahasa yang benar

4) GAMBAR HISTOGRAM
Format A Aktifitas Masuk

Sering terlambat:2 L: 2 P: 0
Sering tidak masuk:1 L: 1 P: 0
Rajin:8 L: 4 P: 4
Laki-laki : Perempuan :
ST : 2 X 100 % = 28.6 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

STM : 1 X 100 % = 14.3 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

RJN : 4 X 100 % = 57.15 % 4 X 100 % = 100 %
7 4

FormatB Aktifitas Belajar
Pro aktif : 3 L: 0 P: 3
Pasif: 4 L: 3 P 1
Bicara sendiri :4 L: 4 P: 0

Laki-laki : Perempuan :
P. A : 0 X 100 % = 0 % 3 X 100 % = 75 %
7 4

PSF : 3 X 100 % = 42.9 % 1 X 100 % = 25 %
7 4

BS : 4 X 100 % = 57.15 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

Format C Aktifitas Bergaul
Tidak pilih teman:11 L: 7 P: 0
Menyendiri:0 L: 0 P 0
Egois:0 L: 0 P: 4

Laki-laki : Perempuan :
TPT : 7 X 100 % = 100 % 4 X 100 % = 100 %
7 4

M : 0 X 100 % = 0 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

EGO : 0 X 100 % = 0 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

Format D Aktivitas Berkomonikasi Dengan Guru

Bicara sopan: 7 L: 3 P: 4
Kurang sopan: 4 L: 4 P 0
Kritis : 3 L: 0 P: 3

Laki-laki : Perempuan :
BSP : 3 X 100 % = 42.9 % 4 X 100 % = 100 %
7 4

KSP : 4 X 100 % = 57.15 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

KRTS : 0 X 100 % = 0 % 0 X 100 % = 0 %
7 4

5) KESIMPULAN
Adanya permasalahan -permasalahan di sini baik di dalam aktivitas belajar , masuk, bergaul, dan berkomonikasi dengan guru.dengan adanya permasalahan -permasalahn tersebut seperti sering terlambat ,tidak masuk ,bicara sendiri, rajin bicara sopan, dan kritis. Kami sebagai penulis menyimpulkan bahwa permasalahn –permasalahn bisa terjadi karena ada beberapa faktor
a. Orang tua
b. Teman
c. guru
faktor orang tua merupakan faktor yang paling ideal dalam mendidik anak, kenapa? Karena orang tua merupakan tempat pendidikan pertama kali bagi seorang anak. Kalau ortu tua bisa mendidik denganbaik tentunya anaknya tidak akn melakukan permasalahn –permasalahan yang nanti akan merigikan dirnya sendiri begitu juga sebalaiknya.
Faktor teman, faktor ini juga berpengaruh terhadap perkebangan anak dalam hal pendidikan. Kalau seorang anak salah memilih teman maka akan berakibat fatal terhadap pendidikan anak tersebut begitu juga sebaliknya
Faktor gurufaktir ini juga mentebabkan terjadanya permasalahan -.permasalahan, di sebabkan kurang memperhatikan terhadap anak didiknya(mementingkan dirinya sendiri) Artinya kalau gurunya seperti ini pribadinya jangan harap anak didiknya akan menjadi baik.

Ketiga- ketiganya tersebut saling berkaitan artinya kalau salah satunya tidak mendukung, tentunya seorang anak tersebut rentang dalam melakukan permasalahan – permasalahan begitu juga sebaliknya. Apabilah ketiga faktor tersebut saling mendukung insya Allah anak tersebut akan menjadi anak yang lebih baik
Kami mengharap kepada semua pendidik kalu anak didiknya mengalami masalah dalam hal psikologismaka jangan di pecahkan masalanya menggunakan fisik, seharusnya menggunakan psikologis juga. Sesuai dengan pribahasa “Api jangan di lawan dengan dengan api”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

%d blogger menyukai ini: