KUMPULAN RPP BAHAS ARAB MTS …………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX / Pertama
Alokasi Waktu : 1 x 180 Menit ( 2 x Pertemuan )
A. Standar Kompetensi : Percakapan tentang عيد الفطر dengan menggunakan 20 – 25
Mufrodat baru seperti صلى – خرج – زار – عيد مبارك dan struktur
Kalimat dasar yang terdiri dari فعل ماض + فاعل ظا هر, فعل ماض +
فاعل ظا هرمضمر, لا النا فية + لم + فعل مضارع seperti خرج احمد من بيته, هل
ذهبت الي المسجد ؟ لا. لم اذهب
B. Kompetensi Dasar : Siswa mampu bercakap – cakap, membaca, dan menulis dalam
Berbahasa Arab tentang عيد الفطر dengan struktur kalimat yang
Mengandung فعل ماض, لم danلا
C. Indikator : Menulis kalimat – kalimat Arab melalui imla’ manqul
Menjawab pertanyaan – pertanyaan yang disediakan dengan benar
Menjawab pertanyaan tentang kandungan bahan qiro’ah dengan benar
Mengucapkan mufrodat baru dengan lafal yang baik dan benar
D. Materi Pokok : Percakapan tentang عيد الفطر dan tarkib
E. Tujuan Pembelajaran :Siswa dapat bercakap – cakap, membaca, dan menulis Bahasa Arab
Dengan baik dan benar
F. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Ceramah Bervariasi
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
 Kegiatan Awal (Aperepsi)
 Guru memberi salam
 Perkenalan
 Siswa di ingatkan pada pelajaran yang sudah selesai di pelajari
 Kegiatan Inti
 Siswa di perintah menulis tarkib
 Guru menjelaskan tentang tarkib
 Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang di jelaskan dan siswa yang lain boleh menanggapi
 Guru menjawab pertanyaan yang diajukan siswa
 Siswa di perintah untuk membaca dan memahami tentang عيد الفطر
 Kegiatan Akhir
 Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas pada lembar kerja yang telah disediakan
 Guru memberikan kesimpulan tentang masalah tarkib
 Siswa menerima tugas rumah
 Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Bahasa Arab kelas IX Madrasah Tsanawiyah
 الا مثلة التصريفية
I. Evaluasi :
1. Tes tulis
 Mengerjakan soal / tes tulis
2. Kinerja
 Aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas dan menjawab soal
J. Penilaian :
a. Jenis tagihan : Ulangan harian dan Tugas
b. Tehnik : Tes tulis dan Tugas individu
K. Bentuk Instrumen : Uraian dan Portopolio
L. Soal ulangan tulis :
1. ماذا تركنا ؟
2. اكتب التكبر في عيد الفطر كتبابة صحيحة ؟
3. هل القي الخطيب خطبة قصرة ؟
4. ماذا اسال بعضهم في يوم عيد الفطر ؟
5. متي تذهب احمد الي المسجد ؟
M. Kunci Jawaban :
1. تركنا شهر رمضات
2. ذهب احمد الي المسجد في الصباح بعد تنا ول الفطور
3. نعم. القيت الخطيب خطبة قصرة
4. الله اكبر الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله هو الله اكبر الله اكبر ولله الحمد.
5. ساءل بعضهم بعضا العفواالكثير من الخطيئات

Ambunten, 09 Novenber 2010
Guru Pamong Praktikan

ABUSIRI S.Ag
NIP.

ACH MUKHSIN ALFIYAH
NIM.

Mengetahui,

DPL. Kelompok II Kepala Sekolah
Mts Istikmalunnajah

BUZAIRI, M.PdI
NIP.

AH. YUNED SUHARYO
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX / Pertama
Alokasi Waktu : 1 x 180 Menit (1 x Pertemuan )
N. Standar Kompetensi : Percakapan tentang برنامج الحفل dengan menggunakan 20 – 25
Mufrodat baru sepertiجلس- حضر- ا ستعمل الى- قدم- تحدث- انتهى- فكرة-
مدعووت dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari فعل ماض+فاعل ضمير
للجمع seperti جلس. جلسوا. جلستم . جلستا
A. Kompetensi Dasar : siswa mampu bercakap-cakap, membaca, dan menulis dalam bahasa arab
tentang برنامج الحفلdengan struktur kalimat dasar yang mengandung
تصريف فعل ماض
B. Indikator :
 Menulis kalimat – kalimat Arab melalui imla’ manqul
 Menjawab pertanyaan – pertanyaan yang disediakan dengan benar
 Menjawab pertanyaan – pertanyaan tentang bacan qiro’ah dengan benar
 Mengucapkan mufrodat baru dengan lafadz yang baik dan benar
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran :
Siswa dapat bercakap – cakap, membaca, dan menulis Bahasa Arab
Dengan baik dan benar
D. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Ceramah Bervariasi
E. Media Pembelajaran :
– Buku Bahasa Arab
– Amtsilatu al-tasref
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
 Guru memberi salam
 Perkenalan
 Siswa di ingatkan pada pelajaran yang sudah selesai di pelajari
2. Kegiatan Inti
 Siswa di perintah supaya menerjemahkan qiroa’h yang berjudulالحفلة بذكرى نزول القران الكرىم
 siswa di perintah supaya membaca hasil terjemahannya
3. Kegiatan Akhir
 Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas pada lembar kerja yang telah disediakan
 Siswa di perintah supaya menyetorkan hasil tugas yang di kerjakan
 Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Buku Bahasa Arab kelas 3
 امثلة التصريف
H. Evaluasi :
Tes tulis
 Mengerjakan soal/tes tulis
2. Kinerja
o Aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas dan menjawab soal

I. Soal ulangan tulis :
1. متي احتفل المسلمون والمسلماث بذكرى نزول القران ؟
2. اين جلست المسلماث ؟
3. ما البرنا مج الا ول ؟
4. من قدم كالمه ثا نيه ؟
5. ما برنا مج الخا مس ؟

JAWABAN
1. في يوم الاحد الماض
2. جلست المسلمات فى الجزء الخلفي بهدوء ايضا
3. افتتاح بقراءة البسملة
4. رئيس التعمير للمسجد النور
5. اختتام بدعاء

Ambunten, 19 Desember 2009
Guru Pamong Praktikan

ABU SIRI S.Ag
NIP.

ACH. MUKHSIN ALFIYAH

Mengetahui,

DPL. Kelompok II Kepala Sekolah
SDN. Ambunten Timur II

BUZAIRI, M.PdI
NIP.

AH. YUNED SUHARYO
NIP.
Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah
Nama :……………….
Kelas :……………….
Pelajaran :……………….

Soal

1. ماذا تركنا ؟
2. اكتب التكبر في عيد الفطر كتبابة صحيحة ؟
3. هل القي الخطيب خطبة قصرة ؟
4. ماذا اسال بعضهم في يوم عيد الفطر ؟
5. متي تذهب احمد الي المسجد ؟
Jawaban

Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah
Nama :……………….
Kelas :……………….
Pelajaran :……………….

Soal

1. متي احتفل المسلمون والمسلماث بذكرى نزول القران ؟
2. اين جلست المسلماث ؟
3. افتتاح بقراءة البسملة ؟
4. من قدم كالمه ثا نيه ؟
5. ما برنا مج الخا مس ؟

Jawaban

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: