MEDIA AUDIO

MAKALAH
MEDIA AUDIO DALAM MEDIA PEMBELAJARAN

Dosen : Raini Sp.d

Oleh
1. Ach mukhsin alfiyah
2. Jamaluddin husien
3. Moh. Hakimul umam. As
4. Razali

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AHLUSSUNNAH WALJAMAAH
(STAI ASWAJ)
AMBUNTEN-SUMENEP
2010

BAB I
PENDAHULUAN

Manusia sebagai makhluk social,sehingga kehodupannya tidak lepas dengan berkomonikasi dengan yang lainnya. Tentunya dalam melakukan komonikasi di perlukan semacam alat untuk menyampaikan sesuatu yang di anggap perlu.sebelim Johanes Gutemberg menemukan mesin cetak pada 1440-an,kebanyakan informasi di sampaikan dari generasi ke generasi secara lisan,epos,mitos dan dongeng dalam semua kebudayaan kuno di sampaikan melalui tradisi lisan.
Di dalam dunia pendidikan komonikasinya menggunakan media audio kalau kita berbicara masalah media audio maka tidak lepas dari pembahasan aspek pendengarannya.pendengaran adalah alat untuk mendengarkan .
Mendengarkan sesungguhnya merupakan proses rumit yang melibatkanempat unsure:
1. Mendengar
2. Memperhatikan
3. Memahami
4. Mengingat
Jadi, definisi mendengarkan adalah “proses selektif untuk memperhatikan, mendengarkan, memahami dan mengingat simbo-simbol pendengaran”.
Unsur pertama dalam proses mendengarkan adalah mendengar. mendengar merupakan proses fisiologis otomatik penerimaan rangsangan pendengaran.
Unsur kedua dalam proses mendengarkan adalah perhatian. Memperhatikan rangsangan di lingkungan kita berarti memusatkan kesadaran kita pada rangsangan khusus tertentu.
Unsur ketiga dalam proses mendengarkan adalah memahami. Memahami biasanya diartikan sebagai proses pemberian makna pada kata yang kita dengar.
Unsur keempat dalam proses mendengarkan adalah mengingat. Mengingat adalah menyimpan informasi untuk di peroleh kembali.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Media Audio
Media audio merupakan alat bantu yang digunakan dengan hanya bisa mendengar saja. Media ini membantu para siswa agar dapat berfikir dengan baik, menumbuhkan daya ingat serta mempertajam pendengaran.
Dalam proses pembelajaran, media tersebut diajarkan ke siswa berupa pesan. Pesan yang disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Sehingga proses pembelajaran dapat terprogram dengan baik.
Media ini merupakan bentuk pembelajaran yang murah dan terjangkau. Materi yang disapaikan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Audio dapat memberikan pesan yang menarik dan memotivasi siswa.
Di samping menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak, materi audio dapat digunakan untuk:
1. Mengembangkan keterampilan mendengar dan mengevaluasi apa yang telah didengar;
2. Mengatur dan mempersiapkan diskusi atau debat dengan mengungkapkan pendapat-pendapat para ahli yang berada jauh dari lokasi;
3. Menjadikan modal yang akan ditirukan oleh siswa
4. Menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan-perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai pokok bahasan. Azhar Arsyad (2005: 149).
Untuk lebih dapat memotivasi siswa, seyogyanya dibuat program yang lebih menarik dari segi bahasa. Program audio menjadi lebih indah karena dapat menimbulkan daya fantasi pada para siswa. Program ini akan lebih efektif apabila bunyi dan suaranya dapat merangsang para siswa untuk dapat menggunakan daya imajinasinya. Sehingga ia dapat memvisualkan pesan-pesan yang kitam sampaikan. Jenis media audio dapat dikelompokkan antara lain radio, alat perekam pita magnetik dan laboratorium kelas.
a. Radio
Radio merupakan alat elektronik yang digunakan untuk mendengar berita secara aktual, mengetahui informasi serta peristiwa-peristiwa penting dan baru.
b. Alat Perekam Pita Magnetik
Alat ini digunakan untuk merekam suara. Dalam proses pembelajaran, alat ini lebih efektif karena dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan keinginan. Pesan dan isi pelajaran yang telah terekam dimaksudkan untuk merangsang perasaan, perhatian dan kemauan sebagai upaya mendukung terjadinya proses belajar. Alat ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Menurut Sadiman (2003: 53).
Kelebihan dari alat ini antara lain:
a. Mempunyai fungsi ganda yang efektif;
b. Pita perekam dapat diputar berulang-ulang;
c. Rekaman dapat dihapus secara otomatis;
d. Dapat menyajikan kegiatan-kegiatan/hal-hal di luar sekolah;
e. Program kaset bisa menambah kegiatan lain.
Kelamahan alat ini yaitu:
a. Daya jangkaunya terbatas;
b. Dari segi biaya pengadaannya bila untuk sasaran yang banyak jauh lebih mahal.
c. Laboratorium Bahasa
Alat ini digunakan untuk melatih siswa mendengarkan dan berbicara dengan bahasa asing. Penggunaan alat ini yaitu, siswa duduk sendiri-sendiri pada bilik yang dilengkapi dengan headphon.
Setiap siswa berbeda-beda dalam menangkap suatu materi pelajaran atau pembelajaran. Ada yang menggunakan musik, suasana yang ramai dan sepi. Hal tersebut tergantung kepada kondisi dari para siswa masing-masing.
Penggunaan media audio memberikan kesan yang menarik bagi kebanyakan siswa. Segala jenis bunyi, nada, irama, musik biasanya diciptakan untuk diingat. Seorang auditorial dapat dicirikan sebagai berikut:
a. Perhatiannya mudah terpecah;
b. Berbicara dengan pola berirama;
c. Belajar dengan cara mendengar, menggerakan bibir/bersuara saat membaca;
d. Berdialog secara internal dan eksternal. Bobbi de Porter, dkk. (2001: 85).
2. Karakteristik media audio
Karakteristik media audio pembelajaran yang menjadi focus pembahasan kita kali ini adalah karakteristik berdasarkan kemampuan media dalam membangkitkan rangsangan indera penfengaran.
Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (bahasa lisan/kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi, seperti gerutuan, gumam, musik dll.).
Media audio sendiri memliki kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan-kelebihannya sebagai berikut:
1. Mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu dan memungkinkan menjangkau sasaran yang luas.
2. Mampu membangkitkan system dalam imajinasi.
3. Mampu memusatkan perhatian siswa pada penggunaan kata-kata, bunyi, dan arti dari kata itu.
4. Mampu mempengaruhi suasana dan prilaku siswa melalui musik latar dan efek suara.
5. Sangat tepat / cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa; laboratorium bahasa tidak lepas dari media ini terutama untuk melatih listening (pendengaran).
Disamping memiliki kelebihan media audio juga memiliki keterbatasan dan kekurangan. Kekurangan media audia yang mencolok adalah komunikasinya hanya satu arah (one way comunication).
Program audio mempunyai hubungan dengan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotorik dan afektif.
1. Tujuan kognitif, audio dapat digunakan untuk mengajar pengenalan kembali dan atau pembedaan rangsang audio yang relevan.
2. Tujuan psikomotor, program audio dapat digunakan untuk mengajar ketera-mpilan verbal.
3. Tujuan afektif, suara mungkin dapat diciptakan oleh musik latar, efek suara, suara narrator. Program serial radio dan iklan merupakan contoh yang baik dari teknik ini.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita akan membuat program naskah audio.
a. Pesan harus relevan dengan karakteristik kelompok sasaran, tidak hanya bagi satu atau segelintir individu atau kelompok tertentu.
b. Persoalan adaptasi.
c. Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang sudah dikenal umum dan mudah dimengerti.
d. Musik.
Ada beberapa jenis musik yang digunakan dalam program audio:
1. Musik tema adalah musik yang menggambarkan watak/situasi tertentu suatu program.
2. Musik transisi adalah musik penghubung dua adegan.
3. Musik latar adalah musik yang digunakan untuk mengiringi percakapan atau pembacaan teks, yakni sebagai pemberi variasi, memberi tekanan, memberikan nuansa dan yang terpenting menggugah emosi pendengaran.
4. Musik suara adalah musik yang digunakan untuk memberi tekana atau kejutan dalam waktu yang sangat singkat dan pada waktu yang tepat.
e. Daya konsentrasi orang dewasa untuk mendengarkan berkisar antara 25 s/d 45 menit dan untuk anak-anak 15 s/d 25 menit.
Di dalam penulisa naskah program audio sering menggunakan beberapa istilah sebagai berikut:
1. Announcer (ANN)
2. Narator (NAR)
3. Musik (background, suasana, tema, transisi, bridge)
4. Sound effect (FX)
5. Fade in
6. Fade out
7. Off mike
8. Cross fade
9. Musik : in – up – down – out
10. Musik : in – up – down – under

DAFTAR PUSTAKA
1 Muradi,yudhi: Media Pembelajaran
2 http://one.indoskripsi.com/node/9008…
3 http://edu-articles.com/b

6 thoughts on “MEDIA AUDIO

  1. IyAzh Mengejar Mimpi 27 Januari 2013 pukul 7:23 pm Reply

    Boleh nanya, itu definisi musik latarnya diambil dari buku apa ya? Saya butuh referensi yang akurat… terima kasih.

    • alfiyah90 28 Januari 2013 pukul 9:45 am Reply

      Boleh Aja Mbak, itu saya ambil dari buku Munadi,Yudhi.2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Ciputat. ya sama-sama Mbak……… saya juga ucapkan terima kasih karena pean itu udah mau mampir ke blog saya. Mbak salam Ukhuwah Islamiyah (salam persahabatan) dari saya… Semoga Kita Selalu Dalam Lindungan Allah Amin Yaa Robbal Alamin…….

  2. IyAzh Mengejar Mimpi 13 Februari 2013 pukul 8:02 pm Reply

    Boleh tanya lagi mb, bagian ini:

    Ada beberapa jenis musik yang digunakan dalam program audio:
    1. Musik tema adalah musik yang menggambarkan watak/situasi tertentu suatu program.
    2. Musik transisi adalah musik penghubung dua adegan.
    3. Musik latar adalah musik yang digunakan untuk mengiringi percakapan atau pembacaan teks, yakni sebagai pemberi variasi, memberi tekanan, memberikan nuansa dan yang terpenting menggugah emosi pendengaran.
    4. Musik suara adalah musik yang digunakan untuk memberi tekana atau kejutan dalam waktu yang sangat singkat dan pada waktu yang tepat.

    diambil dari halaman berapa ya?

  3. alfiyah90 14 Februari 2013 pukul 9:12 am Reply

    Ya, clo yang buku Munadi,Yudhi.2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press. saya lupa pada halamannya coznya buku itu saya pinjam di Perpus Daerah Sumenep setelah saya selesai buat makalah Media Audio buku itu saya kembalikan lagi apalagi jaraknya udah agak lama jadi saya jadi lupa pada bagian mana saya ambil definisi tentang Ada beberapa jenis musik yang digunakan dalam program Audio:
    1. Musik tema adalah musik yang menggambarkan watak/situasi tertentu suatu program.
    2. Musik transisi adalah musik penghubung dua adegan.
    3. Musik latar adalah musik yang digunakan untuk mengiringi percakapan atau pembacaan teks, yakni sebagai pemberi variasi, memberi tekanan, memberikan nuansa dan yang terpenting menggugah emosi pendengaran.
    4. Musik suara adalah musik yang digunakan untuk memberi tekana atau kejutan dalam waktu yang sangat singkat dan pada waktu yang tepat.
    clo di Buku Media Pembelajaran, Hakekat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian karangan Drs. Rudi Susilana, M.Si. dan Cepi Riyana, M.Pd. terbitan CV WACANA PRIMA Bandung Tahun 2008 yaitu penjelasan tentang ada berapa jenis musik yang digunakan dalam program Audio ada di halaman 49.

  4. Aprilieyae Eka Prayogo 27 April 2013 pukul 11:00 am Reply

    saya kurang faham tentang media audio ini, jika media ini saya ambil buat pembelajaran dikelas,lebih baeg saya menggunakan listening apa yang laen

  5. alfiyah90 28 April 2013 pukul 7:59 am Reply

    Dalam penjelasan diatas mengenai jenis media audio bahwa Jenis media audio dapat dikelompokkan antara lain radio, alat perekam pita magnetik dan laboratorium kelas (Bahasa).
    a. Radio
    b. Alat Perekam Pita Magnetik
    c. Laboratorium kelas (Bahasa)
    Dan dari ketiga jenis media audio ini mempunyai kelebihan dan kekurangan jadi menurut hemat saya lebih baek menggunakan Laboratorium kelas (Bahasa) karena Alat ini digunakan untuk melatih siswa mendengarkan dan berbicara dengan bahasa asing. Penggunaan alat ini yaitu, siswa duduk sendiri-sendiri pada bilik yang dilengkapi dengan headphon. soalnya Setiap siswa berbeda-beda dalam menangkap suatu materi pelajaran atau pembelajaran. Ada yang menggunakan musik, suasana yang ramai dan sepi. Hal tersebut tergantung kepada kondisi dari para siswa masing-masing.
    saya mengucapkan terima kasih kepada pea karena pean itu udah mau mampir ke blog saya. Mbak salam Ukhuwah Islamiyah (salam persahabatan) dari saya… Semoga Kita Selalu Dalam Lindungan Allah Amin Yaa Robbal Alamin…….!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: