makalah sholat

SHOLAT
1.Pengertian Sholat
Sholat menurut bahasa adalah doa.sedangkan menurut istilah adalah ibadah yang terdiri dari beberapa perbuatan dan perkataan yang di dahului oleh takbir dan di akhiri oleh ucapan salam,dengan beberapa syarat tertentu.(skia,syarat-syarat kecakapan ibadah amaliah)
Rasulullah bersabda Artinya:amalan yang pertama kali akan di perhitungkan mengenai diri seseorang hamba kelak pada hari kiamat ialah sholat;jika sholatnya baik maka baik pulalah seluruh amalnya,dan jika rusak ,makah rusaklah seluruh amalnya.’(hr, tirmizdi dan ibnu majah).
Dari hadits ini agaknya sholat merupakan “suplemen”atas keseluruan ajaran dantujuan agama, yang di dalamnya termuat ekstra atau sari pati semua bahan ajaran dan tujuan keagamaan ,sehingga sholat oleh allah swt di jadikan barometer untuk ibadah lainnya.buktinya, sholat dijadikantolak ukur baik dan tidak baiknya bermacam-macam kebajikan dan bentuk kegiatan yang di tetapkan oleh allah swt:jika sholatnya baik ,maka baik pulalah segalah amalnya,dan jika rusak sholatnya maka rysak pulalah amalya.(buletin sidogiri, edisi 40)
ان الصلوة تنهى عن الفحشاء والمنكر
Artnya:sesunggunys sholat itu mencegah dari perbuat keji dan mungkar.(QS.Al-Angkabut)
Ayat diatas menjelaskan bahwa sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.sholat yang bagaimana?yaituh sholatnya orang yan khusuk. Kalau ada orang yang melakukan sholat,tetapi masih berbuat maksiat, maka tentu saja kekhusukannya sangat di ragukan.(kiat sholat khusuk)
Di berlakukannya kewajiban sholat lima waktu mungkin masih menyisahkan pertanyaan, apa hikmah yang terkandung didalamnya? mengapa lima waktu harus di kerjakan dengan cara di cicil,tidak sekaligus dalam satu waktu? Karena ini menyangkut hikmah maka jawabannya bersifat rabaan.
Rasulullah bersabda:
Artinya:dari abuhuraira ra bahwa iamendengar rasulullah saw bersabda kepada para shohabat,”jika kamu perhatikan bahwah seandainya ada sungai di pintu rumahmu untuk mandi setiap hari lama kali,apakah kamu akan mengatakan kotoran (pada badanmu)itu masih ada?”mereka menjawab tidakbesisa kotoran sedikitpun juga.”maka itulah sholat lima waktu yang akan menghapus kesalahan-kesalahan(dosa-dosa).
Hadits diatas mengisyaratkanbahwa sholat lima waktu itu bisa menghapus segalah dosa kita.kalau kita ingat pada sabda nabi bahwasanya sholat itu merupakan mi’rojnyaorang mukmin.Artinya dengan adanya sholat yang lima waktu itu di cicil menandakan kepada kita guna sebagai hamba maka di wajibkan hambanya untuk ingat selaluh kepada sng pencipta(Allah).jika sholat lima waktu hanya di kerjakan satu kali dengan di ropel, tentunya lebih banyak nganggurnya dari pada ingat kepada Allsh swt,sehingga kontinoitaspengaruh ibadah berupah pertemuan dengan Allah swt tidak tercapai.

Sholat itu sendiri memiliki keutamaan Apabilah yang melakukan itu khusuk
a. Sebagai pembuka pintu hikmah
b. Benteng dari kemaksiatan
c. Pengundang petolongan Allah
d. Penggugur dosa
Apabilah seseorang dalam melakukan sholat ternyata khusuk maka orang itu akan merasakan ketenangan sehingga orang tersebut hidup di dunia tidak merasa sumpek.
Sholat dianggap sebagai ibadah amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gerakan khas tubuh seorang muslim
Takbirotul ihrom gerakan dalam Takbirotul ihrom dapat melancarkan aliran darah ,getah bening(limfe) dan kekuatan otot lengan
Rukuk bermanfaat menjaga kesempurnaan posisi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf dan bisa menjaga gangguan prostate.
I’tidal merupakan latihan pencernaan yang baik organ- organ pencernaan di dalam perut mengalam pemijatan dan pelonggaran secara bergantaian. Efeknya pencernaannya menjadi lebih lancar.
Sujud adalah manfaatnya aliran getah bening di pompah kebagian leher dan ketiak. Juga bisa menghindarkan gangguan wazir.khusus wanita bermanfaat tehadap kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan, juga memudahkan proses pesalinan. Sujud terdapat dua macam yaitu, tahiyyat awal dan thiyyat akhir manfaatnya banyak yaitu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan, mencegah impotensi dan menyebabkan seluruh otot tungkai turut merenggang dan kemudian rileks kembali.
Salam manfaatnya Adalah relaksi otot sekitar leher dan leher kepal menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah(Berobat dengan sedekah Hal:55-58)

DAFTAR PUSTAKA

 Al-quranulkarim
 Buletin sidogiri edisi 40
 Gymnastiar,Abdulla,2002,Kiat Sholat Khusuk, Pustaka Gravika,Bandung
 SKIA Syarat-syarat Kecakapan Ibadah Amaliah,2008 Anugoyah Latee
 Albani,Muhammad,2007,Berobat Dengan Sedekah,Insan Kamil,Jawa Tengah

MAKALAH

Dosen pembimbing: Buzairi, M.pdi

OLEH:ACH MUHSIN ALFIYAH

Semester : IV(EMPAT)

SEKOLAH TINGGI ISLAM AHLUSSUNNAH WALJAMAAH
(STIAS)
AMBUNTEN-SUMENEP
2009

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kisah Nyata

Kumpulan kisah nyata, Paling seru, paling panas dan paling besar

Akidah Menurut Ajaran Nabi

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Almalakawi's Blog

من يرد الله به خيرا يفقهه فى الدين Barang siapa yang Allah kehendaki kebajikan nescaya Allah beri faham tentang agama

Hikmatun

Santapan rohani menuju negeri abadi

Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Kisah Muallaf

Mengapa Kami Memilih Islam

TUNTUNAN SHOLAT LENGKAP

TUNTUNAN SHALAT Berdasarkan As-Sunnah As-Shohihah

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: